lemari pajangan

5 Tips Merawat Lemari Pajangan agar Tidak Mudah Kusam dan Rusak

Lemari pajangan memegang peranan yang cukup penting di rumah Anda, terutama bila Anda meletakkannya di ruang tamu. Dengan keberadaan tempat penyimpanan ini, maka rumah pun terlihat lebih rapi. Apalagi kalau Anda memilih model yang sesuai dengan tema rumah.

Nah, jangan sampai lemari Anda menjadi rusak dan kusam sebelum waktunya karena perawatan yang salah. Lebih baik simak bagaimana kiat merawat lemari TV atau lemari foto pajangan supaya selalu terlihat menawan:

1. Menaruh Barang Secukupnya di Lemari Minimalis

lemari pajangan

archiproducts.com

Lemari pajangan dapat menahan banyak barang di atasnya, termasuk televisi berukuran besar serta berbagai foto keluarga. Namun, setiap lemari punya kapasitas dalam menopang beban.

Jangan sampai Anda menaruh terlalu banyak barang di atasnya. Menahan bobot yang terlalu berat akan membuatnya mudah lapuk. Hindari pula memberikan banyak hiasan berat hanya agar furniture ini terlihat mewah.

Lagi pula, terlalu banyak barang pada lemari pajangan dapat memberikan kesan kumuh dan memicu serangga bersarang, seperti laba-laba dan rayap. Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

2. Bersihkan Secara Berkala

lemari pajangan

luminati.co.uk

Jangan malas membersihkan lemari pajangan, ya. Apalagi bila hendak digunakan untuk meletakkan berbagai hiasan. Tentunya, debu akan dengan mudah mampir ke sana.

Bersihkan dengan menggunakan kemoceng dan lap kanebo basah. Jangan lupa untuk membersihkan barang-barang yang terdapat di atas lemari, karena debu juga sering bersembunyi di sana.

3. Jangan Taruh Benda-Benda Basah

lemari pajangan

bassetfurniture.com

Benda-benda basah akan membuat lumut lebih mudah tumbuh hingga akhirnya gampang lapuk. Jadi, jangan biasakan meletakkan benda-benda basah di atas lemari pajangan. Apalagi jika Anda tidak langsung membersihkannya.

Hal ini juga harus diperhatikan bila tipe lemari yang Anda miliki terbuat dari kayu. Perabot kayu akan sangat mudah berlumut apabila terkena banyak barang basah. Selain itu, rayap pun gemar mendatangi material kayu.

4. Gunakan Anti-Rayap

lemari pajangan

melodymaison.co.uk

Bila Anda memiliki lemari jenis kayu, maka penting bagi Anda untuk mengecek secara berkala apakah ada rayap yang bersarang. Rayap gemar melubangi kayu untuk membuat rumah bagi koloninya. Belilah anti-rayap di toko swalayan terdekat, kemudian aplikasikan pada lemari kayu. Lakukan hal ini secara rutin untuk mengusir rayap.

Oh ya, jangan pula terlalu menempelkan lemari pada dinding. Hal tersebut akan menciptakan kondisi yang lembap sehingga memicu kemunculan rayap.

5. Poles Ulang Lemari

lemari pajangan

noaandnani.co.uk

Setiap dua atau tiga tahun sekali, jangan lupa untuk memoles ulang lemari dengan cara furnished atau dicat kembali. Hal ini penting untuk menjaganya agar tidak terlihat lusuh.

Nah, sebelum memoles ulang lemari, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu. Pasalnya, debu dan rayap akan sangat mengganggu proses pemolesan dan pengecatan.

Itulah beberapa cara untuk merawat lemari TV atau lemari pajangan jenis lain. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek usia dan juga keadaan lemari Anda ya. Karena, lemari pun punya batas waktu tertentu hingga tak layak digunakan lagi.

Selain itu, pada saat membeli lemari pajangan, perhatikan kondisi lemari. Apakah dalam kondisi baru atau bekas? Bila Anda membeli lemari bekas, jangan lupa untuk memeriksa keseluruhan bagian demi memastikannya masih layak pakai dalam jangka waktu cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *