hiasan dinding

5 Inspirasi Hiasan Dinding Buatan Sendiri dengan Berbagai Bahan

Hiasan dinding bisa jadi pilihan jika Anda ingin mengubah suasana kamar namun tidak ingin mengubah desain interior ruangan secara keseluruhan. Memberi dekorasi pada dinding jadi media untuk menunjukkan kepribadian Anda. Selain dapat mempercantik ruangan, dekorasi dinding juga bisa menambah kenyamanan.

Agar bisa menemukan gaya dekorasi dinding yang sesuai, Anda bisa membuat dari berbagai bahan seperti kayu, kain, kertas, atau stiker. Pastikan untuk melihat inspirasi-inspirasi hiasan dinding unik di bawah ini:

1. Dekorasi dinding kayu

hiasan dinding

traditionalbeams.com

Anda bisa membuat floating shelf atau rak ambalan sendiri. Gunakan kayu solid agar kuat menahan benda-benda di atasnya. Pilih model rak yang sesuai dengan furniture yang ada di ruangan, misalnya menggunakan rak tempel minimalis untuk ruangan minimalis atau rak vintage untuk ruangan shabby chic.

Cara membuat hiasan dinding dari kayu adalah potong kayu ke dalam berbagai ukuran yaitu 40 sentimeter, 30 sentimeter, dan 20 sentimeter. Susun kayu tersebut berjajar ke bawah agar terlihat rapi.

Untuk menahan kayu di dinding, diperlukan sebuah bracket, yaitu dengan melubangi dinding untuk memasukkan plat besi. Kemudian pada bagian belakang kayu, buatlah lubang untuk memasukkan bracket agar tidak terlihat. Jika bracket sudah selesai dan sejajar, pasang rak kayu tersebut.

2. Dekorasi dinding origami

hiasan dinding

mycrafts.com

Gemar membuat origami? Jangan biarkan hasilnya tergeletak begitu saja. Anda bisa membuat hiasan kamar tidur buatan sendiri dari origami. Buatlah lipatan kertas berbentuk burung, hati, atau bunga dengan berbagai warna dan berbagai ukuran. Tempel kertas-kertas tersebut hingga menyerupai jembatan atau lingkaran di dinding.

Agar lebih menarik, susun kertas-kertas tersebut berdasarkan warna, dari warna terang ke gelap. Anda juga bisa menyusun berdasarkan ukuran, dari kecil ke besar.

3. Dekorasi dinding kertas kado

hiasan dinding

uprint.id

Membuat hiasan dinding sendiri bisa dilakukan meski Anda tidak ahli dalam melipat kertas. Caranya sangat mudah, potonglah kertas kado bekas yang Anda miliki, lalu buat kolase dari kertas-kertas tersebut. Agar hasilnya terlihat rapi, bingkai kolase tersebut dengan bingkai foto.

Cara lainnya adalah membungkus enam buah clipboard dengan kertas kado yang berbeda namun memiliki satu tema. Gunakan clipboard tersebut untuk menyimpan foto atau hiasan rumah pemanis ruang tamu.

4. Dekorasi dinding flanel

hiasan dinding

youtube.com

Kain flanel banyak dipilih sebagai bahan untuk dekorasi karena murah dan mudah dibentuk. Selain itu, kain ini memiliki rentang warna yang banyak, dari gelap hingga terang. Cara merekatkannya pun mudah yaitu dengan menggunakan mesin jahit/jahit tangan atau lem.

Kain flanel bisa dibuat berbagai desain, salah satunya adalah awan. Buatlah pola awan di atas kardus atau karton dengan menggunakan pensil. Jika sudah, gunakan potongan kardus awan itu untuk membuat pola di atas dua buah kain flanel.

Selanjutnya, jahit atau lem dua buah kain flanel tersebut di setiap sisinya. Sebelum semua sisinya direkatkan, isi dengan kapas agar awan terlihat timbul. Dengan langkah yang sama, buatlah beberapa hiasan berbentuk tetesan air dengan warna kain yang berbeda. Gantung hiasan tersebut di bawah awan.

5. Dekorasi dinding stiker

hiasan dinding

innovativestencils.com

Cara ini adalah cara menghias yang paling gampang dan terjangkau. Anda tinggal membuat desain stiker yang diinginkan, bisa berbentuk tulisan, gambar kupu-kupu, menara Eiffel, dan lainnya. Setelah selesai, bawa desain tersebut ke jasa cetak stiker. Pastikan Anda mengetahui ukuran stiker yang sesuai dengan dinding ruangan Anda.

Sudahkah Anda memutuskan bahan apa untuk dijadikan hiasan dinding?  Pastikan bahan dan desain dekorasi tersebut sesuai dengan desain interior ruangan Anda. Pastikan juga bahan yang dipilih bisa bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *