gordyn

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Gordyn

Gordyn dapat membangun suasana ruangan, tentunya jika Anda memilih tirai yang tepat. Saat memutuskan untuk mempercantik jendela, lakukan pertimbangan untuk memilih warna, bahan, panjang tirai, model kustom atau yang sudah tersedia di toko.

Banyaknya pertimbangan di atas bisa membuat Anda pusing. Apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman untuk memilih tirai sebelumnya. Oleh karena itu, simak nasihat dari dekorator untuk mempersempit pilihan dan memilih tirai yang tepat untuk rumah Anda.

1. Warna dan bahan

gordyn

homedepot.com

Bahan adalah hal yang penting saat memilih gordyn karena material ini yang menentukan bagaimana tirai Anda akan berfungsi dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Bahan seperti linen, sutra, sutra imitasi, dan beludru adalah pilihan terbaik karena mereka menggantung dengan sempurna. Selain itu, sutra imitasi memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mudah pudar seperti sutra asli.

Ingatlah bahwa cahaya matahari akan membuat warna kain menjadi usang. Hindari untuk menggunakan warna-warna cerah di ruangan yang terkena cahaya matahari, karena mereka lebih cepat pudar.

2. Sesuaikan bahan dengan ruangan

gordyn

bluebellgrey.com

Pertimbangkan seberapa banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Misalnya, saat memilih tirai jendela kantor, gunakan tirai dengan bahan yang tipis agar cahaya matahari bisa masuk.

Sebaliknya, gunakan tirai dengan bahan yang tebal untuk ruangan yang membutuhkan banyak privasi atau minim cahaya, seperti gorden jendela kamar.

3. Tentukan panjangnya

gordyn

harrycorry.com

Putuskan seberapa tinggi gordyn akan menutupi jendela. Memasang panel lebih tinggi dari jendela akan membuat kesan ruangan menjadi tinggi. Biasanya para desainer memasang 15 sentimeter di atas bingkai jendela. Untuk memberikan kesan tradisional, tambahkan 10 sampai 20 sentimeter ke bawah hingga tirai menjuntai ke lantai. Sedangkan untuk kesan modern dan segar, buatlah tirai jatuh rata dengan lantai.

Selain itu, tambahkan 20 sentimeter ke sisi kanan dan kiri agar tirai dapat menutup jendela secara penuh. Ini berfungsi untuk agar tidak ada cahaya matahari yang masuk melalui sela-sela jendela.

4. Tentukan gaya

gordyn

jysk.com

Jika sudah memilih bahan dan panjang tirai, tentukan gaya tirai yang sesuai dengan dekorasi ruangan. Caranya, ambil warna dari palet warna ruangan. Misalnya, jika ruangan Anda bergaya shabby chic dengan palet putih, merah muda, atau hijau, maka pilih satu dari warna-warna tersebut untuk tirai.

Anda juga bisa memilih warna yang tegas sebagai statement. Misalnya, gunakan tirai dengan corak warna-warni. Jika Anda menyukai gaya yang subtle, maka pilih tirai dengan corak netral.

5. Tirai kustom atau siap pakai

gordyn

costco.com

Anda bisa menggunakan jasa jahit gorden untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan dan bisa didesain sesuka hati. Di sisi lain, Anda tidak perlu repot merancang desain jika mau beli tirai yang sudah tersedia di toko. Pastikan untuk mendapatkan gorden terbaru.

6. Dapat dicuci dengan mesin cuci atau dry clean

gordyn

walmart.com

Tentukan jika Anda mau membeli gordyn yang bisa cuci dengan mesin cuci atau hanya dry clean saja. Ini akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Ingatlah bahwa Anda bisa merusak tirai kualitas tinggi jika mencoba mencuci sendiri.

7. Konsultasi dengan desainer interior

gordyn

curtainsmarket.com

Jika bingung saat memilih tirai, konsultasikan hal ini dengn para desainer interior agar bisa memberikan masukan mengenai warna, tekstur, dan finishing tirai yang tepat agar sesuai dengan furniture ruangan.

Tidak sekadar penutup dan pemanis ruangan, gordyn bisa menciptakan ilusi ruangan lebih luas. Selain itu, tirai juga dapat menciptakan ruangan jadi lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *