gorden

Ketahui 5 Cara Memasang Berbagai Jenis Gorden dengan Benar

Gorden berfungsi untuk melindungi ruangan dari cahaya matahari dan menjaga privasi. Tidak hanya nilai fungsional, tirai juga memiliki efek dekoratif. Warna, motif, dan jenis tirai bisa disesuaikan dengan furniture di rumah.

Setiap jenis tirai memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. Pada dasarnya, selalu ada bracket dan batang untuk mengaitkan kain. Tetapi ada perbedaannya pada tirai seperti rel di batang atau cincin di bagian atas kain. Yuk, kenali cara memasangnya berikut ini!

1. Gordyn tipe rod pocket, eyelet, draperies, dan tab top

gorden

prettywindows.com

Tirai-tirai ini adalah tipe tirai jendela yang paling sederhana. Persamaannya, semua tirai memiliki lubang dari besi, cincin, atau kain di atas tirai untuk dikaitkan ke batang.

Cara memasangnya juga mudah. Pertama, pasang batang rel beberapa sentimeter di atas jendela untuk memberi efek ruangan lebih tinggi. Kedua, masukkan lubang-lubang tersebut tersebut ke dalam batang. Setelahnya, rapikan tirai agar lipatannya rapi.

2. Gordyn tipe cascade

gorden

homedepot.com

Cascade adalah model gorden cantik untuk ruang keluarga. Saat membeli tirai ini, Anda akan mendapatkan satu paket pemasangan tirai seperti bracket dan sekrup. Pasang bracket tersebut di dinding atau di bingkai jendela dengan menggunakan bor. Jika sudah, pasang batang tirai ke bracket tersebut hingga berbunyi “klik”.

Sesuaikan kain tirai cascade dengan jendela dengan cara membuka velcro di bagian atas tirai. Pastikan semua bagian jendela tertutup.

3. Gordyn tipe valances

gorden

overstock.com

Tirai valances ini dikenal sebagai tirai poni karena memiliki bentuk ombak di bagian atas. Tirai ini cocok sebagai gorden jendela ruang tamu karena memiliki kesan mewah.

Cara memasang tirai tipe valances ada beberapa tahap. Pertama, pasang dua batang rel untuk menciptakan efek berlapis. Simpan rel pertama di atas dan rel kedua beberapa sentimeter di bawahnya. Rel kedua berguna untuk memasang tirai poni.

Kedua, pasang tirai pertama di rel pertama yang paling berdekatan dengan jendela. Setelahnya, pasang tirai poni di rel kedua. Biasanya tirai poni yang dijual di pasaran sudah memiliki lubang-lubang untuk memasukkan rel. Anda tinggal memasangnya saja.

Ketiga, rapikan tirai dan poninya agar lipatannya tersebar merata. Jika tirai yang Anda miliki terdiri atas dua bagian, buka di tengah-tengah dan simpan keduanya di sisi jendela yang berlawanan. Percantik dengan sabuk tirai.

4. Gordyn tipe blinds

gorden

unikneeds.com

Tirai tipe blinds biasa dikenal dengan kerai. Biasanya tirai ini terbuat dari kanvas, sehingga cocok untuk di ruangan kantor.

Pemasangan tirai tipe ini mirip dengan cascade. Pertama, bor kedua bracket di bagian atas dinding atau di bingkai jendela. Kedua, jika bracket sudah terpasang, simpan batang kerai di bracket hingga terdengar bunyi “klik”. Ketiga, pastikan tirai berfungsi dengan baik.

5. Gordyn tipe pleat

gorden

amazon.com

Tirai tipe pleat sama dengan tirai sederhana pada umumnya. Bedanya ada pada bentuk bagian atas tirai jendela. Pleat memiliki beberapa jenis yaitu tailored pleat, box pleated, pinch pleated, dan goblet pleat. Misalnya box pleated memiliki lipatan berbentuk kotak, sedangkan tailored pleat memiliki tiga lipatan yang dijahit hingga menyerupai piala.

Tirai pleat memiliki cincin di atas tirai. Oleh karena itu, pemasangan tirai ini cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan cincin-cincin tersebut ke batang besi.

Anda bisa beli gorden siap pakai online untuk memudahkan pemasangan. Jika belum menemukan tirai yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa mencari jasa jahit gorden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *