Gorden Minimalis

6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Gorden Minimalis Blackout

Sulit tidur nyenyak? Barangkali disebabkan kamar tidur Anda terlalu terang. Gorden minimalis blackout bisa membuat tidur lebih baik. Tirai ini juga bisa meredam 40 persen suara dari luar dan membuat suhu ruangan tetap hangat.

Namun Anda perlu mengetahui beberapa hal sebelum membeli tirai blackout. Jika salah memilih, bisa-bisa ruangan terlalu gelap, tidak sesuai dengan desain interior kamar, atau tidak cocok digunakan di ruangan-ruangan yang membutuhkan banyak cahaya seperti ruang tamu.

1. Akali dengan lapisan

gorden minimalis

bouclair.com

Secara umum tirai blackout terbuat dari dua lapisan, yaitu memiliki kain panel yang terpisah dan dijual dengan berbagai ukuran dan harga. Jika tirai yang Anda miliki sekarang tidak cukup untuk menghalangi cahaya, tambahkan liner di antara tirai dan jendela dengan menambahkan batang dua rel, velcro, atau klip.

2. Siasati jendela kecil

Gorden Minimalis

amazon.com

Jika Anda memiliki jendela ruangan yang kecil, Anda bisa beli blackout roller. Sebelumnya, pastikan untuk mengukur jendela dengan tepat sebelum memilih gorden minimalis. Tirai yang tepat adalah tirai yang bisa menghalangi cahaya masuk ruangan.

3. Tentukan jenis tirai

Gorden Minimalis

amazon.com

Banyak pabrik yang menawarkan beragam gaya tirai blackout, misalnya tirai model cascade, rod pocket, draperies, eyelet atau blinds. Anda hanya perlu menentukan yang sesuai dengan desain interior atau furniture ruangan Anda. Pastikan Anda tahu cara memasangnya karena setiap model memiliki cara pasang masing-masing.

4. Tidak selalu hitam

Gorden Minimalis

halfpricedrapes.com

Tirai minimalis blackout tidak harus hitam. Pilih warna tirai yang serasi dengan warna bingkai jendela dan dinding. Anda bisa menggunakan warna tirai yang senada namun gunakan tone warna lebih muda atau lebih tua.

Ingin tirai dengan dengan warna yang kontras? Ini juga bisa dilakukan, asalkan keduanya masih tetap selaras. Misalnya, jika dinding Anda memiliki warna yang lembut, pilih tirai dengan warna yang lembut. Sebaliknya, jika dinding Anda memiliki warna yang cerah, maka pilih tirai dengan warna yang cerah.

Anda bisa menghidupkan ruangan dengan menggunakan motif geometris, bordir, floral, atau ombre, asalkan dinding ruangan polos. Sebaliknya, jika rumah Anda dinding rumah sudah dihiasi dengan wallpaper atau ada bata ekspos, gunakan tirai yang polos.

5. Cek kerapian jahitan

Gorden Minimalis

wirecutter.com

Saat membeli gorden minimalis, pastikan untuk melihat jahitan di setiap sisinya. Jahitan menentukan kualitas dan memberi kesan gorden minimalis elegan. Selain itu, meski tidak terlihat dari kejauhan, jahitan yang tidak rapi berdampak besar terhadap usia tirai. Jahitan yang belum selesai atau robek akan membuat tirai cepat lepas dan tidak awet.

6. Ketahui cara mencucinya

Gorden Minimalis

popsugar.com

Setiap bahan tirai memiliki cara mencuci yang berbeda. Misalnya, tirai dengan bahan yang tipis tidak boleh menggunakan mesin cuci. Tirai bahan ini hanya direndam dan dikucek hingga bersih. Tirai yang bisa menggunakan mesin cuci adalah tirai berbahan katun, satin, atau poliester. Ada juga tirai yang harus dicuci dengan dry cleaning seperti bahan chenille.

Tirai blackout juga memiliki teknik mencuci sendiri karena bahannya yang sangat tebal. Pertama, bersihkan debu dengan menggunakan penyedot debu. Kedua, rendam tirai tersebut di dalam air deterjen selama 30 menit hingga satu jam. Setelah dibilas, jemur di luar ruangan, tetapi hindari dari sinar matahari langsung.

Gorden minimalis blackout dapat membuat Anda betah di rumah sendiri. Pastikan Anda mengetahui model gorden jendela minimalis terbaru agar tidak ketinggalan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *