furniture jepara

5 Tips Mengenali Furniture Jepara Asli

Furniture Jepara terkenal dengan kualitas kayunya yang kuat dan juga tahan lama. Modelnya pun klasik dan disukai oleh mereka yang gemar mengoleksi barang-barang vintage. Itulah alasan mengapa mebel ukir Jepara dijual dengan harga mahal, terlebih jika memiliki desain yang unik atau langka.

Nah, apakah Anda tertarik membeli furniture Jepara? Sebelum membeli, kenali keaslian mebel yang ditawarkan kepada Anda melalui ciri-ciri berikut ini:

1. Kayu Tidak Cocoh

Furniture Jepara

dekoruma.com

Kayu cocoh merupakan kayu yang memiliki sejumlah lubang di bagian permukaannya. Lubang tersebut merupakan pertanda keberadaan rayap-rayap yang membuat rumah di bagian dalamnya dalam waktu yang cukup lama.

Nah, jangan sampai Anda memilih kayu jati jepara yang bolong-bolong dan sudah dipenuhi oleh rayap. Hal itu bisa menunjukkan bahwa kayu jati itu palsu. Pasalnya, kayu jati bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Lagi pula, kayu yang sudah cocoh sulit untuk dibersihkan karena debu mudah masuk ke bagian lubangnya. Nah, jangan repotkan diri Anda dengan perabot model seperti ini.

2. Mebel Ukir Jepara dengan Serat Kayu Padat

furniture jepara

dekoruma.com

Furniture Jepara dari kayu jati asli yang banyak dicari orang memiliki serat kayu yang padat. Ini membuat kayu menjadi lebih kokoh dan berat daripada jenis kayu lainnya.

Kayu mahogani misalnya, bila dilihat sekilas tampak mirip dengan kayu jati. Orang-orang pun jadi kesulitan membedakan kayu mahogani dengan kayu jati. Ini yang sering menjadi celah bagi banyak pihak untuk menipu pembeli.

Maka, ingatlah bahwa furniture jepara jati yang orisinal memiliki bobot yang berat. Jika perabot terasa ringan, maka bisa diragukan keasliannya.

3. Memiliki Konstruksi yang Kuat

furniture jepara

catkayu.net

Hal yang paling membuat kayu jati menjadi incaran banyak orang adalah konstruksinya yang kokoh dan tidak mudah reyot. Nah, bagaimana cara mengecek bahwa kayu jati itu asli atau palsu melalui kekokohannya?

Anda bisa mencoba untuk duduk di atasnya dengan tekanan kuat atau meletakkan benda berat di atas perabot kayu jati yang Anda minati. Bila kayu itu terlihat reyot atau agak membengkok, maka diragukan keasliannya.

4. Pigmen Warna yang Merata

furniture jepara

fazamebel.com

Keindahan kayu jati terletak pada pigmen cokelatnya yang merata. Keunikan ini membuat permukaannya terlihat sangat halus dan menawan. Kualitas tersebut sangat jelas terlihat, bahkan saat pertama kali Anda melihatnya.

Semakin tua kayu jati, maka corak indah dan pigmen cokelat kuat ini akan semakin terlihat jelas. Nah, saat membeli perabot Jepara dari kayu jati, jangan lupa untuk melihat pigmentasi warna cokelat dan corak, ya.

5. Keberadaan Mata Kayu

furniture jepara

jeparaheritage.com

Kayu jati asli memiliki mata kayu di antara coraknya. Hal ini sebenarnya merupakan tanda unik dari kayu jati dan membuatnya terlihat sedikit berbeda dibandingkan dengan kayu-kayu lain.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan detailnya ya; mata kayu tidak terlihat mencolok dan tidak terlalu banyak hadir di permukaan perabot kayu jati dari Jepara.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah furniture Jepara yang Anda beli asli atau palsu. Jangan sampai tertipu, apalagi bila harganya mahal. Karena, bila Anda tidak jeli, maka bisa-bisa Anda tertipu dan tidak mendapatkan furniture Jepara yang berkualitas dan sesuai dengan harga yang telah Anda bayarkan. Yuk, jadi pembeli yang teliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *