gambar dinding

Cara Memilih Gambar Dinding yang Pas Untuk Ruangan Sempit

Ingin membuat gambar dinding, tetapi Anda takut membuat kamar terlihat semakin sempit? Hiasan pada dinding biasanya dipakai untuk menciptakan karakter dari suatu ruangan. Dengan begitu, ruangan jadi tidak monoton dan punya nilai estetika tersendiri. Bagi Anda yang berencana untuk membuat gambar dinding keren di kamar, simak dahulu beberapa tips di bawah ini.

1. Pilih gambar dinding yang memiliki warna dasar terang

gambar dinding

interdesain.com

Jika Anda ingin menghias kamar yang sempit, buatlah gambar atau lukisan yang memiliki warna dasar terang. Pengaplikasian warna-warna terang tersebut akan memberi efek lega atau membuat ruangan terlihat lebih luas. Dalam hal ini, warna netral atau pastel sangat cocok untuk diterapkan pada ruangan yang sempit.

2. Sesuaikan dengan furniture yang ada di dalam ruangan

gambar dinding

dekoruma.com

Agar gambar memiliki harmonisasi yang baik dengan tema ruangan, sebaiknya sesuaikan dengan furniture yang Anda pakai. Contohnya, Anda bisa membuat gambar bertema alam untuk mengimbangi perabot kayu yang ada di kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa menyelaraskan gambar dinding dengan warna perabot. Misalnya, apabila perabot di kamar Anda berwarna dominan pastel. Maka, Anda bisa membuat gambar dengan warna dasar senada pada dinding.

3. Gambar dinding 3D untuk memberi sentuhan berbeda pada kamar

gambar dinding

alixpress.com

Gambar 3D bisa menjadi pilihan Anda untuk menghias dinding kamar. Selain memiliki tampilan yang unik, gambar tersebut bisa Anda jadikan aksen utama pada kamar. Dengan demikian, dinding kamar tidak lagi terlihat monoton. Namun, jangan sembarang membuat gambar 3D pada dinding. Sesuaikan pula warna dasar dan tema dari gambar tersebut dengan konsep kamar.

4. Mempercantik kamar dengan gambar pola geometris

gambar dinding

freshome.com

Karena ruangan yang Anda miliki tidak terlalu luas, sebaiknya jangan memajang hiasan yang terlalu ramai atau berwarna mencolok. Anda pun lebih disarankan untuk membuat gambar sederhana di dinding, seperti sebuah lukisan yang menampilkan pola geometris. Gambar simpel itu akan memberi aksen menarik pada kamar. Itu juga cocok untuk diterapkan pada kamar yang menganut gaya minimalis-modern.

5. Memajang gambar Pop Art tokoh ternama

gambar dinding

ebay.com

Anda juga bisa membuat gambar Pop Art dari tokoh-tokoh ternama dunia pada dinding kamar. Untuk ukuran gambar, itu bisa Anda sesuaikan dengan luas kamar. Untuk ruangan yang sempit, misalnya, buatlah gambar yang tidak memakan hampir setengah dari luas dinding Anda. Kemudian posisikan gambar tersebut di sudut yang paling mudah terlihat. Gambar Pop Art sendiri biasanya diterapkan pada ruangan bergaya retro atau vintage.

6. Gambar yang menunjukkan siluet pohon

gambar dinding

pinterest.com

Agar dinding kamar tidak terlihat monoton, Anda bisa memberi gambar siluet pada salah satu sudutnya. Siluet pohon adalah salah satu gambar yang cocok untuk kamar berukuran sempit. Anda bisa menempatkannya di sudut terfavorit pada kamar. Cukup menggambar satu siluet saja agar kesannya tidak terlalu ramai.

7. Untuk kesan yang lebih ceria, pilih gambar dengan teknik cipratan

gambar dinding

123rf.com

Teknik cipratan menjadi tren yang banyak diterapkan pada desain rumah. Untuk tampilan yang lebih bersih atau jauh dari kesan gelap, pilih gambar dengan warna dasar terang, seperti putih. Untuk warna dasar cipratan bisa Anda sesuaikan dengan selera. Gambar yang dibuat dengan teknik ini tentunya bisa memberi nilai estetika yang tinggi pada ruangan.

Inilah tujuh tips yang bisa Anda coba dalam memilih gambar dinding. Semoga ini bisa menginspirasi Anda untuk jadi lebih kreatif dalam menata rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *