Lukisan rumah

Yuk, Simak 5 Tips Memilih Gambar Pemandangan Indah untuk Hiasan Dinding Rumah

Hiasan dinding menjadi furniture wajib yang harus ada di setiap rumah. Apa pun wujudnya. Baik berupa lukisan dinding, koleksi foto, maupun sejenis gambar pemandangan indah karya pribadi. Bahkan hasil coretan anak dapat Anda jadikan sebagai hiasan pada dinding rumah untuk mempercantik maupun mengisi bagian yang kosong.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih hiasan terutama gambar pemandangan. Di antaranya simak 5 tips berikut.

Sesuaikan dengan warna furniture

Lukisan rumah

artspace.com

Tips pertama dalam memilih gambar pemandangan yang tepat untuk hiasan rumah Anda ialah menyesuaikan dengan warna perabotan. Tujuannya tentu agar warna selaras dan tidak bertabrakan yang pada akhirnya merusak keindahan ruangan.

Misal, Anda ingin memajang lukisan pemandangan tersebut di ruang tamu yang dilengkapi perabot berwarna krem. Maka, usahakan untuk mencari gambar berdominasi warna serupa furnitur yaitu krem agar gambar pemandangan yang ingin diperlihatkan menyatu dengan ruangan.

Hasilnya akan menjadi lebih buruk bila Anda memilih warna mencolok yaitu merah darah. Orang yang melihat akan meragukan penilaian seni Anda.

Jangan pilih lukisan berdominasi warna yang sama dengan dinding

Lukisan rumah

freeshome.com

Sewaktu menjadikan lukisan sebagai bagian dari hiasan rumah, tentu selain untuk mempercantik juga ingin menunjukkan kreativitas Anda dalam dunia seni. Anda pasti ingin pula memperlihatkan koleksi yang dimiliki pada setiap tamu yang datang berkunjung.

Untuk itu, jangan sampai Anda menggagalkan tujuan tersebut dikarenakan salah memilih warna gambar. Hindari pemilihan warna yang sama dengan dinding agar tidak mengaburkan gambar pemandangan indah yang dipajang.

Pilihlah warna yang senada dengan warna dinding

Lukisan rumah

pinterest.com

Senada bukan berarti sama. Senada artinya menyelaraskan. Warna yang Anda pilih pada lukisan maupun karya yang hendak dipajang, jangan sampai sama dengan warna dinding, seperti pada poin kedua. Usahakan memilih warna yang memiliki sedikit unsur warna dinding.

Contoh, warna dinding Anda krem, maka hindari memilih lukisan pemandangan berwarna dominasi krem pula. Tetapi pilihlah yang memiliki warna tajam seperti hijau daun, biru laut, maupun warna senja. Begitu pula ketika cat tembok berwarna oranye terang, maka hindari memilih gambar hiasan berwarna merah menyala, agar tidak terlalu ramai bila dilihat orang.

Sesuaikan dengan tema rumah

Lukisan rumah

speechtotext.com

Poin keempat yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli lukisan ialah menyesuaikan dengan tema rumah maupun ruangan tempat memajang karya seni tersebut. Misalnya saja rumah Anda berkonsep klasik, maka usahakan untuk memilih karya bertema serupa, seperti gambar pemandangan, bunga, sekumpulan ikan koi, atau bahkan lukisan yin dan yang. Beberapa karya seni bermuatan tradisional yang berupa pahatan kayu pun dapat menjadi pelengkap kekosongan dinding rumah.

Begitu pula bila tempat tinggal ternyata berdominasi desain modern, Anda harus mencari lukisan bergaya sederhana dengan perpaduan unsur modern yang terlihat. Warna cerah dan ceria umumnya mendominasi karya seni modern. Gambar abstrak pun dapat menjadi pilihan.

Jadilah diri sendiri

Apa pun gambar yang Anda pilih, tentu harus mencerminkan diri sendiri setelah memperhatikan empat faktor tersebut. Ingatlah selalu bila lukisan maupun gambar bukan hanya sekadar hiasan yang ingin dipajang di dinding rumah untuk mengisi ruang kosong. Tetapi juga cerminan identitas diri Anda. Maka, usahakan setiap koleksi merupakan bentuk refleksi diri Anda.

Tahan diri sebisa mungkin untuk mengikuti tren bila tidak sesuai kesukaan. Tapi tunjukkanlah diri Anda melalui lukisan dan keindahan rumah.

Semoga 5 tips dalam memilih gambar pemandangan indah cocok dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *