interior rumah

5 Trik Penataan Interior Rumah agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Seni desain interior rumah memang tak ada habisnya. Seiring waktu, ada semakin banyak konsep penataan ruangan yang bisa diterapkan di tempat tinggal Anda.

Desain interior yang apik akan membawa nuansa baru ke dalam rumah. Anda dapat membuat rumah tampak mewah, kasual, berseni, atau jadul, tergantung dari jenis desain yang Anda implementasikan.

Salah satu manfaat lain dari penataan interior rumah minimalis yakni memberikan kesan lebih luas. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada 5 trik yang bisa dicoba:

Gunakan Warna-Warna Cerah

interior rumah

mydecorative.com

Warna-warna cerah pada ruangan akan membuat ruangan tampak lebih segar dan luas. Hal ini karena cahaya yang masuk ke rumah dipantulkan kembali oleh warna-warna cerah dinding. Sebaliknya, warna gelap akan membuat ruangan terlihat sempit dan suram.

Warna-warna cerah sebaiknya digunakan di bagian yang dominan seperti lantai atau dinding. Adapun perabot dan furniture dapat menggunakan warna-warna lain yang lebih “segar” seperti oranye muda, coklat, atau abu-abu.

Kurangi Sekat-Sekat Ruangan

interior rumah

yorkvilledesigncentre.ca

Terlalu banyak sekat dan pintu di rumah berukuran kecil akan membuatnya semakin terasa sempit. Sebagai solusinya, kurangilah sekat-sekat ruangan di rumah. Cobalah untuk mulai menyatukan beberapa ruangan sekaligus tanpa sekat.

Penting untuk diperhatikan, ruangan tanpa sekat akan terasa hampa apabila dinding rumah dibiarkan polos. Karena itu cobalah untuk memasang hiasan dinding seperti lukisan atau foto di sana.

Kurangi Jumlah Meja atau Rak

interior rumah

youtube.com

Meja dan rak kerap menjadi penyebab mengapa rumah terasa begitu kecil. Untuk membuatnya terasa luas, cobalah untuk mengurangi jumlah rak dan meja di rumah lalu mulai menempatkan benda-benda di dinding atau di tempat lain.

Salah satu benda yang bisa Anda pindahkan ke dinding adalah televisi. Tidak perlu menggunakan rak televisi agar rumah tampak cantik. Pasang saja televisi di dinding agar ruangan semakin luas.

Selain televisi, Anda juga bisa meletakkan benda-benda lain seperti buku dan kaset film di atas rak dinding. Cara ini sangat ampuh untuk menghemat ruang yang ada di rumah. Tak hanya itu, cara ini pun memiliki nilai artistik yang tinggi karena saat ini ada berbagai jenis model rak dinding menarik yang dijual.

Gunakan Karpet atau Wallpaper Berpola Garis-Garis

interior rumah

youtube.com

Pola garis-garis sangat ampuh untuk menipu mata. Dengan menggunakan pola tersebut ruangan akan terlihat lebih besar dalam sekejap. Jika Anda tidak dapat memodifikasi lantai rumah menjadi berpola garis-garis, maka gunakan saja karpet atau wallpaper dengan pola tersebut.

Akan tetapi, perhatikanlah penggunaan warna pada garis-garis tersebut, jika tidak, interior rumah Anda justru akan tampak “norak” dan terlalu penuh. Sebagai saran, gunakanlah pola garis-garis yang senada agar tidak tampak aneh.

Pasangan Jendela yang Besar

interior rumah

goodhousekeeping.com

Jendela besar di bagian depan rumah terbukti mampu membuat ruangan depan tampak lebih luas. Hal ini karena jendela besar akan meningkatkan intensitas sinar matahari yang masuk ke rumah sehingga ruangan menjadi lebih terang.

Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, jendela yang besar juga akan membawa kehangatan ke dalam rumah sehingga sudut-sudut ruangan tidak menjadi lembap. Hal ini akan mencegah timbulnya jamur di tempat-tempat “rawan” di dalam rumah seperti di langit-langit, kusen, gorden, dan karpet.

Itulah tadi 5 trik penataan interior rumah untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Sebagai penutup, penataan rumah memang kerap membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, jika pada akhirnya Anda dapat merasa lebih nyaman untuk tinggal di sana, maka semua pengeluaran tersebut sebenarnya tidaklah sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *