stiker dinding

6 Cara Tepat Merawat Lukisan Dinding agar Awet

Lukisan menjadi salah satu benda favorit yang sering dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan. Banyak pula yang menjadi kolektor pelukis tertentu yang membelinya dengan harga mahal. Sebagai barang berharga, Anda sebaiknya tahu cara merawatnya agar tidak cepat rusak. Keindahan gambar yang dipancarkan akan memudar jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Belum lagi serangan jamur dan kutu yang mempercepat proses kerusakan. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut kami sajikan beberapa tips yang bisa dicoba.

Gantungkan di tempat dengan cahaya cukup

merawat lukisan

tauridstudios.com

 

Tantangan utama dalam merawat lukisan adalah menghindari jamur yang akan menggerogoti badan utama dari sebuah potret sehingga warnanya menjadi pudar. Jamur tumbuh subur pada tempat yang lembap. Oleh karena itu diperlukan udara hangat yang cukup untuk mengusir kelembapan tersebut.

Cahaya hangat dari sinar matahari akan membantu mencegah koloni jamur berkembang biak. Maka gantungkan lukisan yang Anda miliki pada ruangan yang memungkinkan cahaya matahari masuk dengan cukup. Tapi hati-hati juga jangan membiarkannya terpapar sinar matahari langsung karena bisa membuat warnanya pudar jika terlalu lama. Selain itu menggantungnya di tempat yang tepat akan menambah keindahan interior ruangan dan bisa dipadupadankan dengan furniture yang Anda miliki.

 

Jangan menyentuh lukisan dengan tangan

merawat lukisan

youtube.com

Gesekan dari sentuhan tangan kita kemungkinan besar bisa merusak gambar. Hindari memegang lukisan secara langsung saat sedang membersihkannya sekalipun. Pegang saja bagian pinggir jika akan menggesernya. Lebih amannya lagi gunakan kain halus atau sarung tangan untuk memegang pinggiran saat akan memindahkannya.

 

Jaga lukisan agar tetap kering

Jika lukisan basah tentunya akan membuatnya lembap dan bisa membuat cat menjadi luntur. Untuk memastikannya tetap kering, perhatikan di mana Anda meletakkannya. Jauhkan dari sumber air yang mungkin bisa terpercik dan membuatnya basah. Jauhkan dari jangkauan anak-anak yang bisa saja tak sengaja menumpahkan minumannya.

 

Bersihkan dengan sikat halus

merawat lukisan

brusselscitymuseum.brussels

Jika lukisan terlihat sangat berdebu dan Anda berinisiatif ingin membersihkannya sendiri, gunakan saja sikat yang sangat halus seperti sikat gigi bayi misalnya. Hati-hati saat menggesekkannya pada bagian tengah gambar. Jangan sekali-kali menggunakan cairan pembersih kimia sembarangan yang tidak Anda ketahui efeknya. Ditakutkan cairan tersebut justru akan membuatnya rusak karena penggunaan yang tidak tepat. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian belakangnya.

Ada pula cara unik yang dipakai beberapa kolektor yaitu membersihkan dengan menggunakan roti. Anda cukup menempelkan dengan ringan –tidak ditekan—roti tersebut pada permukaan gambar. Disebutkan bahwa roti akan menyerap debu yang ada pada lukisan.

Jangan terlalu sering dibersihkan

merawat lukisan

wallpaperwarehouse.com

Meski ada keinginan untuk menjaga lukisan agar tetap terawat, namun sering membersihkannya bukanlah ide yang bagus. Semakin sering dibersihkan justru semakin besar kemungkinannya untuk rusak karena gesekan ataupun perlakuan yang salah saat membersihkan. Jadi, biarkan saja potret yang Anda miliki tersebut tergantung manis dan cukup nikmati keindahannya dari jauh.

Panggil tenaga profesional untuk merawat lukisan

merawat lukisan

antarafoto.com

Jika menemukan kerusakan serius, jangan ragu untuk memanggil jasa profesional yang akan membantu Anda merawat lukisan. Kerusakan-kerusakan tersebut misalnya saja, ada area warna yang pudar, cat yang mulai mengering sehingga rapuh, berlubang, ataupun terkelupas. Anda juga bisa meminta untuk mengganti frame atau pinggiran lukisan secara berkala agar tetap kuat menyangga gambar.

Itulah beberapa cara merawat lukisan agar tetap awet dan bisa dinikmati selalu keindahannya. Sekarang Anda bisa menerapkannya dan memastikan koleksi Anda terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *