meja belajar anak

7 Cara Jitu Memilih Meja Belajar Anak

Meja belajar adalah salah satu furniture penting yang sebaiknya ada di dalam kamar anak. Biasanya meja ini juga dilengkapi dengan rak buku serta beberapa laci untuk tempat menyimpan alat-alat tulis. Berbeda dengan meja kerja, meja belajar anak umumnya berukuran lebih kecil dan tidak formal.

Dalam menunjang suasana belajar yang lebih menyenangkan, Anda harus memperhatikan beberapa aspek dalam memilih meja untuk anak. Seperti misalnya menyesuaikan tinggi  meja dengan tinggi badan si kecil. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini 7 cara jitu memilih meja belajar anak.

1. Kenali yang Dibutuhkan Anak

meja belajar anak

Hello Magazine

Sebelum memilih furnitur untuk anak, hal pertama dan paling penting adalah Anda harus apa yang dibutuhkannya. Ini bisa disesuakan dengan karakter anak seperti anak yang aktif, susah duduk atau kesulitan dalam berkonsentrasi. Untuk itu dibutuhkan kedekatan orang tua sehingga kebutuhan si kecil dapat diketahui dengan baik.

2. Cari Meja Belajar Anak Multifungsi

meja belajar anak

id.aliexpress.com

Pilihlah meja yang memiliki banyak fungsi seperti tambahan rak buku atau laci tempat menyimpan barang dan alat-alat tulis. Untuk rak, Anda bisa mengisinya dengan beberapa buku anak dengan gambar mencolok yang berguna membantu si kecil mencintai buku sejak dini. Terlepas dari kebutuhan si kecil. Beragam fungsi lain akan selalu diperlukan.

3. Pilih Kursi yang Lebih Fleksibel

meja belajar anak

Alex Daisy

Biasanya meja belajar dijual satu set dengan kursinya. Nah, memilih kursi yang baik juga sama pentingnya. Pilihlah kursi yang memudahkan geraknya, seperti kursi dengan roda. Anak-anak biasanya bergerak lebih aktif dibanding orang dewasa, untuk itu ia membutuhkan kursi yang dapat menyesuakan dengan keaktifannya sehingga dapat duku dengan nyaman dan belajar lebih lama.

4. Cari yang Bahannya yang Kuat

meja belajar anak

lelong.com.my

Masa anak-anak adalah masa di mana mereka lebih suka bermain, bahkan ketika sedang belajar. Terutama untuk anak yang lebih aktif. Untuk itu, dibutuhkan meja yang memiliki daya tahan lebih kuat sehingga mampu menjaga segala aktivitas yang terjadi selama anak menggunakannya.

5. Desain yang Unik dan Nyaman

meja belajar anak

Decoist

Desain yang unik adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi anak untuk mau belajar. Kenyamanan dan tampilan yang menarik tentu akan membuat anak lebih betah berlama-lama belajar.

Untuk mendapatkan meja seperti ini, Anda bisa memesan di tukang kayu atau di toko furniture yang menyediakan jasa pembuatan furnitur dengan menggunakan desain rancangan sendiri.

6. Sesuaikan Meja dan Kursi

meja belajar anak

eBay

Memilih perabot untuk anak-anak tentu tidak sama seperti orang dewasa. Ukurannya harus lebih kecil, menyesuakan dengan tinggi badan. Belajar membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Seimbangkan kursi dan meja dengan tinggi badan si kecil sehingga ia dapat betah berlama-lama duduk untuk belajar di tempat favoritnya.

7. Pilihkan Warna yang Menarik

meja belajar anak

KidsZone Furniture

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah memilihkan warna yang disukai si kecil. Selain itu, pastikan warna tersebut dapat meningkatkan stimulus dan semangat belajarnya.

Saat ini sudah beredar berbagai macam meja belajar anak dengan berbagai model dan ukuran. Tapi sebelum memilih, pastikan si kecil menyukai perangkat belajar barunya. Dengan begitu, anak akan semakin termotivasi untuk lebih giat belajar di rumah. Sudah ada bayangan ingin membeli atau membuat meja untuk anak yang seperti apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *