Kursi sofa

6 Tips Membuat Kursi Sofa di Rumah Anda Tampil Baru Kembali

Kursi sofa merupakan salah satu furniture yang tidak hanya dipilih karena fungsinya tetapi juga keindahannya. Karena harganya yang tidak murah, menjaga kondisinya agar tetap baik dalam waktu yang lama adalah tugas kita. Namun, ketika memang ada bagian yang sudah tak tampak cantik lagi, alih-alih langsung menggantinya, Anda masih bisa melakukan sesuatu untuk memperbaruinya lagi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan sofa Anda cantik kembali. Simak beberapa tips berikut ini!

Mengecat Ulang

Kursi sofa

vintagelawas.com

Melakukan pengecatan ulang bisa Anda lakukan untuk kursi sofa kayu atau yang berbahan kulit. Bagian yang tergores atau warna yang sudah memudar bisa Anda atasi dengan melapisi catnya dengan yang baru.

Untuk sofa berbahan kulit, Anda bisa menggunakan cat ulang yang banyak dijual di pasaran. Jika ingin mempertahankan wara kulit alami sofa Anda, buat cairan pengilap sendiri dengan mencampurkan 10 hingga 15 tetes minyak lemon dengan cuka.

Cari kain yang lembut dan basahi ujungnya dengan cairan yang sudah tercampur dan gosokkan ke permukaan sofa dengan gerakan melingkar. Biarkan selama satu malam hingga meresap. Jangan gunakan minyak zaitun untuk mengilapkan karena dalam jangka panjang justru bisa merusak kulitnya.

Mencampurkan Beberapa Pewarna Sekaligus

Mengganti kain pelapis mungkin adalah cara yang paling banyak dilakukan orang untuk memperbarui tampilan sofa di rumahnya. Namun bagaimana kalau Anda merasa bosan dengan warna-warna yang ada di pasaran? Kenapa tidak mencoba mencampurkan pewarna sendiri?

Anda bisa melakukan dipping (teknik mencelup) pada kain pelapis sofa untuk menciptakan efek ombre yang cantik. Campuran berbagai warna dengan komposisi yang apik tidak hanya memberikan napas baru ke sofa Anda, tetapi membuatnya tampak berbeda dari yang lain.

Menambahkan Rumbai

Kursi sofa

shopfactorydirect.com

Salah satu cara memberikan ‘kehidupan kedua’ pada kursi sofa minimalis Anda adalah dengan menambahkan rumbai. Tanpa harus melibatkan pewarna, Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menutupi bagian sofa yang sudah lusuh atau lepas jahitannya. Menambahkan pita atau rumbai yang sama pada bantalnya juga akan membuat tampilannya semakin manis. Cara ini dianggap mudah tetapi tetap memberikan efek perubahan yang dramatis.

Menggunakan Kain Sebagai Penutup

Kursi sofa

livingloving.net

Membentangkan kain-kain dengan corak-corak cantik kerap dilakukan orang yang menginginkan nuansa shabby chic di rumahnya. Trik ini bisa Anda tiru untuk menutupi bagian sofa yang sudah tak sedap dipandang mata. Pilih kain dengan corak bunga yang menarik sebagai penutup sekaligus dekorasi di ruang tamu atau ruang keluarga Anda.

Mengisi Kembali Busa

Kursi sofa

media.rooang.com

Salah satu faktor yang membuat sofa tampak tua adalah ketika bagian bantalnya sudah tidak ‘montok’ lagi. Akhirnya sofa tampak keriput dan tidak lagi nyaman diduduki. Anda bisa menyiasati masalah ini dengan mengisi kembali busa di dalamnya dengan Poly-Fil.

Poly-Fil banyak digunakan sebagai bahan isian pembuatan boneka atau bantal sehingga bisa dengan mudah ditemukan di toko kerajinan. Poly-Fil sendiri merupakan campuran serat polyester yang tidak hanya tahan lama tapi juga terjangkau. Setelah mengisi bagian yang tampak keriput dengan serat ini, sofa di ruang tamu Anda bisa tampil kencang kembali seperti baru.

Ganti Kaki Sofa Anda

Kursi sofa

properti.kompas.com

Mengganti kaki kursi bisa menjadi pilihan mudah untuk membuatnya tampil baru kembali. Jika kursi sofa milik Anda bergaya modern, Anda bisa memberikan tampilan baru dengan menambah kaki kayu kecil di bagian bawahnya. Selain bisa memberikan tampilan baru, sofa ruang tamu Anda akan tampak lebih tradisional.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat tampilan kursi sofa di rumah tampak baru kembali. Mengganti cushion atau sarung bantalnya juga bisa mendongkrak estetika sofa sekaligus ruang tamu Anda.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *