karpet lantai

Alergi Bulu? Coba 5 Karpet Lantai Anti-Alergi Ini

Salah satu jenis alergi yang paling banyak diderita adalah alergi debu dan bulu. Keduanya agak menyulitkan, terutama dalam memilih karpet lantai yang sesuai di rumah. Pasalnya, kebanyakan yang dijual berbahan dasar bulu dan cenderung mudah berdebu.

Lalu, bila Anda memiliki alergi, apakah berarti Anda harus mengurungkan niat untuk membeli karpet? Tentu saja tidak. Ada banyak alas duduk yang dibuat khusus untuk mereka yang menderita alergi:

1. Karpet Rotan

karpet lantai

tokopedia.com

Terbuat dari rotan, alas duduk ini tidak mudah kusut, gampang digulung, serta memiliki permukaan yang dingin. Selain itu, warnanya juga netral. Itulah alasan mengapa karpet rotan cocok digunakan dalam berbagai tema ruangan.

Oh ya, karpet rotan juga amat bersahabat bagi Anda yang memiliki alergi pada debu dan bulu. Permukaannya mudah dibersihkan dan debu tidak mudah menempel. Selain itu, harganya cukup terjangkau. Berminat membeli?

2. Karpet Busa Suede

karpet lantai

indonesian.alibaba.com

Seperti namanya, karpet lantai kamar ini terbuat dari busa dan dilapisi oleh kain suede. Alas tersebut sangat nyaman dan sering kali digunakan sebagai pengganti kasur. Nah, untuk Anda yang memiliki alergi terhadap debu dan bulu, karpet ini jelas akan mengakomodasi kebutuhan Anda. Tentu saja, Anda tidak akan mengalami bersin-bersin atau efek alergi lainnya selama menggunakannya.

Kekurangannya adalah mudah kotor. Kotoran cair seperti tumpahan kopi atau sup akan sulit untuk dibersihkan karena meresap ke dalam permukaannya.

3. Karpet Sutra

karpet lantai

indonesia.forwiki.co

Ada banyak kelebihan dari karpet lantai yang satu ini. Pertama, permukaannya sangat sejuk, mengingat sifat sutra sebagai bahan yang tidak menyimpan panas. Kedua, sangat lembut; anak bayi pun dapat ditidurkan di atasnya. Ketiga, sutra tidak menimbulkan alergi sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda yang mengidap alergi akut.

Permadani sutra dijual dalam berbagai motif, mulai dari yang polos hingga yang abstrak. Dari sekian kelebihan yang ditawarkan oleh material sutra, kekurangannya adalah harganya lebih mahal daripada jenis lain di kelasnya.

4. Karpet Lantai Plastik

karpet lantai

mainharga.com

 

Karpet lantai plastik merupakan jenis alas duduk yang harganya paling terjangkau. Biasa hadir dengan motif yang ramai dan cenderung berwarna, seperti motif abstrak dan karakter kartun. Nah, karpet plastik ini amat ringan, mudah digulung layaknya karpet rotan, dan juga murah.

Itulah alasan mengapa para orang tua sering memilih karpet ini. Bila anak Anda menumpahkan minuman, Anda akan dengan mudah membersihkannya dengan lap tanpa perlu dicuci. Ya, Anda tak perlu repot-repot membawanya ke penatu atau laundry, karena hanya perlu dibersihkan dengan kain basah. Namun, kekurangannya adalah tampilannya yang kurang berkelas.

5. Karpet Tenun, Pengganti Furniture Dekoratif

karpet lantai

sites.google.com

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari karpet tenun. Alas yang satu ini memiliki sifat sejuk dan membuat segala aktivitas yang dilakukan di atasnya terasa nyaman. Tidak hanya itu, karpet tenun juga memiliki motif unik yang membuat ruangan terasa lebih berseni dan hangat.

Nah, karpet tenun tidak hanya dapat digunakan sebagai alas di lantai, tetapi juga hiasan pada dinding. Dinding yang polos dan membosankan pun akan terlihat lebih hidup. Selain itu, karpet lantai yang satu ini juga amat bersahabat bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu dan bulu.

 

Jadi, siapa bilang penderita alergi tak boleh memiliki karpet di rumah? Selama Anda memilih karpet lantai yang tepat, maka alergi pun tak akan jadi masalah besar.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *