karpet karakter

Simak 6 Tips Merawat Karpet Bulu agar Tidak Mudah Usang

Karpet bulu menjadi salah satu furniture favorit untuk menghiasi ruang keluarga. Pasalnya, desainnya terlihat mewah dengan tekstur yang sangat lembut. Namun, harus diakui bahwa perawatannya membutuhkan perhatian khusus. Jika tidak, permadani ini pun akan mudah berdebu dan rusak.

Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan? Apalagi jika benda tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Sebagai upaya pencegahan, kenali kiat-kiat merawat furniture yang satu ini agar tahan lama:

1. Jemur karpetĀ  minimalis seminggu sekali

karpet karakter

.verobeachrugcleaning.com

Setiap satu kali dalam seminggu, jangan lupa untuk menjemur karpet bulu minimalis Anda di bawah terik matahari. Caranya sangat mudah, layaknya menjemur kasur pada umumnya. Nah, pada saat dijemur, tepuk-tepuk karpet dengan sapu lidi.

Perawatan ini sangat penting, mengingat sinar matahari akan membunuh berbagai jamur dan bakteri pada permukaan benda.

2. Menghilangkan noda dengan baking soda

karpet karakter

rd.com

Ada satu permasalahan yang sering ditemui pada karpet berbulu karakter dan jenis lainnya, yaitu noda yang membandel. Ya, noda membandel ini amat sulit dibersihkan. Kalaupun bisa, Anda harus menggosoknya dengan amat keras sehingga merusak bulu-bulunya.

Nah, Anda tak perlu berusaha terlalu keras saat permadani jenis ini. Selain melelahkan, hal tersebut jelas akan merusak karpet. Solusinya adalah menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air, kemudian gosok dengan lembut pada permukaan yang kotor menggunakan sikat gigi. Tak perlu waktu lama, noda pun akan hilang.

3. Gunakan vacuum cleaner

karpet karakter

beres.id

Sering menyapu karpet berbulu? Hmm, cara ini kurang efektif dalam membersihkan debu pada permukaan alas dengan bulu. Terkadang, justru debu pada sapu dapat tertinggal dan menimbulkan berbagai macam penyakit lo.

Untuk menghilangkan debu pada alas duduk jenis ini, gunakan vacuum cleaner. Vacuum cleaner dapat menghilangkan debu dengan efektif, terutama pada sela-sela bulu. Selain itu, kotoran tersebut pun tidak akan tertinggal layaknya pada sapu konvensional.

4. Hindari parfum

karpet karakter

happymoneysaver.com

Apa yang sering Anda lakukan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada karpet? Apakah Anda menggunakan parfum. Pada awalnya, wangi parfum dapat menutupi bau tak sedap. Namun akhirnya, aroma itu akan tertinggal, bercampur dengan bakteri dan menimbulkan bau yang justru tidak enak untuk dihirup.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan aroma tak sedap? Alih-alih menggunakan parfum, Anda dapat menaburkan bedak bayi secara merata pada permukaan karpet. Diamkan selama satu jam, bau tak sedap pun akan hilang.

5. Cuci secara rutin

karpet karakter

thriftyfun.com

Setiap dua minggu sekali, cuci karpet. Namun, sebaiknya jangan lakukan di mesin cuci karena dapat merusak karpet bulu. Cuci karpet secara manual dengan menggunakan detergen yang tidak merusak dan tidak bersifat keras.

Bila Anda tidak terbiasa mencuci karpet sendiri, gunakan jasa penatu/laundry. Setiap penatu pastinya akan menyediakan jasa pencucian karpet. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan melakukan kesalahan yang menyebabkan alas duduk tersebut jadi rusak.

6. Hindari beban terlalu berat

karpet karakter

classiquefloors.com

Ada banyak orang yang meletakkan perabot lain seperti meja, kursi, bahkan sofabed pada karpet berbulu. Hmm, kebiasaan ini sebetulnya tidak tepat, karena beban pada perabot dapat merusak bulu-bulu pada permadani. Bila Anda menginginkan karpet sebagai alas perabot berat, sebaiknya gunakan jenis lain atau malah tak perlu menimpanya dengan perabot. Cukup letakkan benda-benda tersebut di atas lantai.

 

Itulah beberapa cara untuk merawat karpet bulu agar tahan lama, tidak mudah berjamur, dan tidak mudah rusak. Tidak sulit bukan caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *