4 Tips Memilih Hiasan Pemandangan Sesuai Desain Rumah

Hiasan dinding yang bertemakan pemandangan alam menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai dekorasi rumah. Selain menyegarkan dan membawa banyak inspirasi, lukisan alam juga akan memberi dampak positif secara psikologis bagi penghuninya. Saat memilih hiasan dinding yang akan dibeli, tentu ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai gambar yang seharusnya memperindah ruangan justru akan membuat rumah terlihat sumpek dan tidak rapi. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memutuskan.

Sesuaikan ukuran gambar pemandangan dengan ukuran rumah

pemandangan

vvvart.com

Menyesuaikan ukuran sangat penting saat memilih hiasan dinding. Meski mungkin terlihat lebih bagus, sebaiknya Anda tidak memilih lukisan dengan ukuran yang terlalu besar apabila ruangan tempat menggantungnya tidak terlalu luas. Begitu pula sebaliknya, jangan memilih hiasan dengan gambar panorama alam yang berukuran terlalu kecil supaya keindahannya tidak tertutupi oleh benda lain.

Sebagai contoh, jika Anda hendak menaruh lukisan di atas sebuah sofa panjang, maka sebaiknya ukuran panjang lukisan tersebut tidak melebihi panjang sofa. Jika ternyata tidak ada ukuran yang sebesar itu, Anda bisa memasang beberapa lukisan kecil dengan tema serupa dan memberikan jarak di antaranya sehingga bisa menutupi dinding. Namun ingat juga untuk tidak memasang terlalu banyak hiasan agar ruangan tidak tampak terlalu penuh.

Pilih warna hiasan panorama alam yang cocok dengan desain ruangan

Pemandangan

sites.google.com

Gambar panorama alam biasanya memiliki warna sendiri yang tampak dominan saat dipajang. Saat hendak membelinya, Anda harus memikirkan komposisi padu padan warna yang cocok dengan ruangan tempat pemasangan. Ada baiknya memilih warna pemandangan yang gradasinya senada dengan dinding ruang atau memiliki unsur warna yang sama. Selain dinding, Anda juga bisa menyesuaikan warnanya dengan furniture yang dimiliki.

Namun jangan memilih warna yang sama persis agar kombinasi warna yang dihasilkan tidak mati saat dilihat. Jangan pula memilih warna yang terlalu bertabrakan agar tidak tampak norak. Atau jika Anda memang berencana untuk mengganti warna dinding, pilih warna dinding yang sesuai dengan warna gambar panorama yang ingin dibeli.

Pilih tema hiasan dinding sesuai konsep ruangan

pemandangan

Pinterest

Saat membangun rumah, mungkin saja Anda telah memiliki konsep besar yang diterapkan sejak awal. Anda bisa memilih konsep rumah klasik, etnik, minimalis, atau modern. Oleh karena itu, pemilihan aksesoris penunjang desain interior rumah tentu juga sebaiknya menyesuaikan dengan konsep tersebut. Apalagi saat memilih hiasan dinding yang akan terlihat mendominasi ruangan saat dipasang. Gambar lanskap alam sendiri cocok dipakai pada rumah atau ruangan dengan tema klasik. Kesan sejuk yang dibawa juga akan menambah rasa damai di dalam rumah. Selain tema gambarnya sendiri, bentuk pigura juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan konsep rumah.

Tentukan lokasi tepat pemasangan gambar lanskap alam

pemandangan

es.aliexpress.com

Gambar pemandangan paling cocok ditempatkan di kamar tidur atau ruang keluarga karena kesan sejuk yang dibawanya. Saat membutuhkan relaksasi pikiran, Anda bisa memanfaatkan keindahan panorama alam yang terpajang pada dinding tersebut untuk menyegarkan pikiran. Ketika memasang gambar, Anda juga harus mengukur dengan baik ketinggiannya. Jangan terlalu tinggi sehingga sulit dilihat. Ada baiknya dipasang sejajar pandangan mata sekitar 154 hingga 167cm.

Nah itulah beberapa tips untuk memilih hiasan dinding dengan tema pemandangan. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat dekorasi rumah Anda semakin menyenangkan dan nyaman dihuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *